Selamat Datang di Maenkartu.com

MAENKARTU.COM Merupakan portal informasi dari permainan kartu poker,capsa, domino, bridge. Berisikan Tips-tips dan berita seputaran permainan kartu

Untuk menggunakan informasi yang ada pada maenkartu.com anda setuju bahwa segala tanggung jawab yang diakibatkan oleh pengaplikasian informasi yang ada merupakan tanggung jawab anda.

PENGERTIAN & TIPS BERMAIN GAPLEH

Sudah 3 minggu ini saya terlalu banyak bergadang akibat keranjingan main gapleh di tempat biasa anak-anak nongkrong. Rasanya gatal bila diam dirumah tiap malam, suasananya memang asik kalo main gapleh malam-malam dengan anak-anak rumah. Kopi, cemilan dan roko tidak pernah kosong. Kebetulan saya baru lulus sekolah dan belum beberapa lama menjadi pengangguran. Jadi saya adalah anak yang paling muda di antara teman-teman saya yang sering bermain. Kadang juga datang orang tua yang ingin ikut bermain dengan kita. Resiko main sama yang udah pengalaman ya kalah dan diolok-olokin. Kadang olok-olokan iu bikin kita jadi emosi juga. Tapi lama kelamaan main sama orang yang sudah jago emang akan nular juga jagonya. Saya yang awalnya hanya asal saja melempar kartu yang paling gede jumlahnya, sekarang sudah bisa berhitung. Nah disini saya akan share peraturan dan cara berhitung gapleh yang saya bisa.

Kartu gapleh terdiri dari 28 kartu. Setiap kartu terdapat dua sisi angka dari 0-6. Dalam permainan gapleh biasanya terdiri dari 4 orang pemain yang satu pemainya di beri 7 kartu. Di kartu gapleh ada yang namanya BALAK, yaitu satu kartu yang mempunyai angka kembar di dua sisi. Contohnya: 0-0,1-1,2-2,3-3 dll. Di awal permainan biasanya dikeluarkan 1-1 lalu dilanjutkan menyusun kartu mengikuti kartu yang ada di meja. Contohnya: 1-1,1-3,3-4,4-5 dan seterusnya sampai ada salah satu pemain yang kartunya habis.Kalo ternyata angka kartu di meja yang harus diisi tidak ada angkanya di kartu tangan kita maka kita lewat dan lanjut pada pemain berikutnya. Bila sudah ada yang habis maka diadakan perhitungan. Perhitunganya siapa yang paling besar dia yang kalah, dan biasanya yang kalah tersebut harus mengocok kartu.

Gambar contoh kartu balak:

balak

DOMINO

Penjelasan diatas itu simpelnya dalam bermain gapleh. Tapi didalam permainan menyusun angka dalam gapleh terdapat taktik dan teknik tersendiri agar kartu ditangan bisa habis ataupun mengkalah kan teman yang ada di sebelah kita. Bermain gapleh tidak sama seperti bermain bola yang hanya fokus pada gawang. Dalam gapleh tiap putaran maka akan beda konsep permainan. Jadi beda kartu, beda tujuan pula. Bila anda belum mengerti akan saya jelaskan secara lebih mendetail sebentar lagi. Sekarang anda akan membaca beberapa peraturan umum dalam bermain gapleh.

1. 4 orang pemain gapleh.
2. Setiap pemain diberi 7 kartu.
3. Bila ada salah satu pemain yang mempunyai minimal 5 balak maka dilakukan pengocokan ulang.
4. Penyusunan kartu dilakukan secara giliran dan berurutan , biasanya mengikuti arah jarum jam.
5. Bila saat giliran angka kartu di tangan tidak ada yang cocok dengan angka kartu di meja maka pemain tersebut di lewat dan giliran pemain berikutnya.
6. Penyusunan kartu dilakukan sampai ada pemain yang kartunya habis dan game harus stop bila sudah ada salah satu pemain yang kartunya habis dan langsung di adakan perhitungan angka kartu masing-masing pemain yang kartunya masih tersisa. (yang dihitung jumlah angkanya bukan jumlah kartunya)
7. Pemain yang memiliki jumlah angka kartu yang paling besar itulah yang kalah dan diharuskan mengocok dan membagikan kartu lagi ke para pemain.
8. Pemain yang kartunya habis dialah yang menang.
9. Pemain yang di game sebelumnya habis kartunya memulai game dengan mengeluarkan kartu pertama-pertama sesuka hatinya.
10. Kartu awal yang dikeluarkan oleh pemain yang menang pada game sebelumnya tidak boleh balak 6 dan balak kosong.

Contoh susunan kartu dalam game yang sudah selesai:

12082013140

Peraturan tambahan:
1. Bila balak 6 atau balak 0 mati maka pemain itu yang mutlak kalah.
*Maksud mati disini adalah balak 6 masih ada ditangan pada saat game sudah selesai dan di setiap pemain tidak mempunyai kartu yang berisi angka 6 lagi, begitu pula dengan balak 0 .
2. Bila kedua ruas kartu menunjukan angka yang sama misalnya angka 5 dan 5, dan setiap pemain tidak mempunya kartu dengan angka 5 lagi ditangan maka disebut “GAPLEH” dan permainan stop. (Biasanya langsung diadakan perhitungan tetapi beda hal dalam sistem permainan RT-an. Sebentar lagi akan saya jelaskan bagaimana sistem permainan RT-an). Bila belum mengerti bisa melihat gambar dibawah ini:

12082013141

Peraturan permainan gapleh sistem RT.

Sistem ini biasanya yang sering dipakai oleh para pemain gapleh. Sistem ini tidak mengandung makna judi tetapi lebih ke perasaan. Ya karena kalo yang jadi RT itu biasanya sakit hati. RT yang dari tadi saya maksud itu bukan berarti Rukun Tetangga yaaa.. RT yang saya maksud disini adalah pemain yang harus mengocok dan membagikan kartu setiap game sudah selesai sampai ada RT yang menggantikan. Cape kan? Makanya biar ga jadi RT harus jago. Begini peraturan lengkap untuk sistem RT:

1. Permainan berjalan seperti biasa, hanya sediakan kertas dan pulpen untuk mencatat skor permainan.
2. Skor diisi oleh pemain yang kalah, yaitu pemain yang mempunyai jumlah kartu yang terbesar.
3. Pemain yang kalah diberi skor 1 dan permainan kembali dilanjutkan dengan pengocokan dilakukan oleh pemain yang kalah.
*Skor 1 yang dimaksud adalah skor untuk membentuk huruf. Yang dibentuk adalah huruf RT. Jadi siapa yang terlebih dahulu membentuk huruf RT maka dia lah yang menjadi RT.
4. Pemain yang sudah menjadi RT wajib mengocok dan membagikan kartu setiap game sudah selesai.
5. Bila sudah ada yang menjadi RT permainan dilanjut kembali dan skor sebelumnya dibersihkan diganti yang baru dan pengisian dilakukan kembali dari awal.
6. Bila sudah ada RT yang baru lagi maka RT sebelumnya diganti.
7. Begitupun seterusnya.
8. Bila pembandingan diakhir game ternyata kedua/ketiga pemain menunjukan kartu yang sama maka game diulang tanpa ada penambahan skor.

Pengaturan tambahan :

1. Balak 6 dan balak 0 yang mati diisi dengan 2 skor.
2. Bila terjadi “Gapleh” maka pemain yang meng”Gapleh”kan kartu dimeja harus membandingkan jumlah kartunya dengan pemain yang ada di arah berlawanan nya.
3. Bila kartu pemain yang menggaplehkan lebih kecil maka semua pemain kecuali yang menggaplehkan diisi dengan skor 1, bila kartu ternyata lebih besar maka dia sendiri diisi dengan 2 skor.
4. Bila pemain yang mengakhiri permainan (menghabiskan kartu ditangan) dengan balak 6 atau balak kosong maka skor dihapus 2 (Disebut “Poldan”) dan yang kalah tetap diisi skor 1.
5. Apabila pemain yang melakukan “Poldan” tapi skornya masih kosong atau baru satu, maka dilakukan min (-1/-2).