Selamat Datang di Maenkartu.com

MAENKARTU.COM Merupakan portal informasi dari permainan kartu poker,capsa, domino, bridge. Berisikan Tips-tips dan berita seputaran permainan kartu

Untuk menggunakan informasi yang ada pada maenkartu.com anda setuju bahwa segala tanggung jawab yang diakibatkan oleh pengaplikasian informasi yang ada merupakan tanggung jawab anda.

mini BRIDGE JALAN PINTAS BELAJAR BRIDGE

Puluhan tahun sudah nama Indonesia tersohor di kalangan pebridge diseluruh dunia berkat prestasi yang dicapai pada berbagai Kejuaraan Internasional. Sayangnya pretasi spektakuler tersebut tidak berdampak mengangkat citra Olahraga Bridge di masyarakat. Kesan, bridge adalah judi karena alat yang digunakan adalah kartu serta sulitnya memahami permainan bridge ini menambah daftar panjang penolakan terhadap Olahraga Bridge.
Untunglah pada pertengahan tahun 2003, Pengurus Besar Gabsi telah menemukan cara untuk memasyarkatkan olahraga ini. Untuk mengatasi problem mengajarkan Bridge telah ada mini Bridge yang sangat mudah dipelajari. Agar olahraga ini dianggap bermanfaat, PB GABSI menjalin kerjasama dengan Depdiknas. Depdiknas bersedia bekerjasama karena yakin, Olahraga Bridge secara langsung mengasah dan meningkatkan kecerdasan otak manusia meliputi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spritual (SQ) serta secara tidak langsung meningkatkan kemampuan daya tahan fisik – karena setiap pertandingan memakan berwaktu jam-jam.
Hal lain yang menunjang karena permainan Bridge baik sadar atau tidak telah menggunakan gabungan disiplin ilmu sains, sosial dan psikologi dalam bentuk ilmu terapan sebagai berikut; Ilmu Matematika untuk menghitung distribusi, Ilmu Management diterapkan dalam pengelolaan waktu, pengambilan keputusan serta penentuan strategi yang cepat dan tepat, Ilmu komunikasi karena permainan pasangan, Ilmu Psikologi karena setiap pemain harus mampu mengatur emosi serta bermpati terhadap pikiran teman maupun lawan dan tentu saja Etika dan Moral.
Selanjutnya mari kita mulai mengenal mini Bridge.
Peralatan yang dibutuhkan 1 buah meja, empat buah kursi,1 pak kartu,kertas dan alat tulis.

Kartu

Setiap set kartu mempunyai empat simbol yang selanjutnya disebut warna
[ Spade
] Heart
{ Diamond
} Club
Setiap warna terdiri dari 13 kartu dengan urutan:
Ace (A),King (K), Queen (Q) dan Jack (J) selanjutnya angka dari 10 – 2. Ace adalah kartu yang paling tinggi dan angka 2 yang terendah.
Joker tidak digunakan dalam permainan.

Meja, Kursi dan Pemain

Selanjutnya setiap pemain mengambil tempat duduk dan setiap tempat duduk diberikan petunjuk sesuai arah mata angin. Sebelumnya arah mata angin Utara ditentukan terlebih dahulu. Pemain yang duduk disebelah kiri Utara adalah Timur, di depan Selatan dan di sebelah kanan adalah Barat. Utara dan Selatan akan berpasangan demikian juga dengan Timur dan Barat.

Alat Tulis & Kertas
Alat tulis dan kertas untuk mencatat jalannya penawaran. Sebelum permainan dimulai, buatlah diagram seperti di bawah ini:

Cara Bermain

Setelah semua siap, selanjutnya kartu dibagi satu persatu oleh utara searah jarum jam sehingga setiap pemain mendapat 13 kartu. Masing-masing pemain kemudian menyusun kartu, diawali warna Spade sesuai urutan kemudian Heart, Diamond dan terakhir Club.
Nilai kartu dalam permainan bridge dinamakan High Card Point (HCP) dengan perhitungan sebagai berikut Ace = 4, King = 3, Queen=2 dan Jack = 1. Angka 10 – 2 tidak ada nilai HCP.
Sebelum bermain, setiap pemain menghitung jumlah HCP dari 13 kartu pegangannya, Jumlah seluruh HCP adalah 40. Selanjutnya setiap pemain memberitahukan jumlah HCP yang dimilikinya. Pasangan yang memiliki jumlah HCP terbanyak akan menjadi declarer sedangkan pasangan lainnya menjadi defender. Selanjutnya siapa yang menjadi decalrer dan siapa yang menjadi dummy ditentukan oleh jumlah HCP yang dimiliki kedua pemain. Pemain yang memiliki HCP paling tinggi menjadi declarer.

Contoh:
Utara ( 11 HCP)
Dummy
[ J932
] A74
{ A842
} Q7
Barat (10 HCP) Timur (6 HCP)
[ K5 [ 74
] KQJ ] 7653
{ 9753 { Q6
} J632 } A10854
Selatan (13 HCP)
Declarer
[ AQ1086
] 1096
{ KJ10
} K9

Pada contoh ini, utara memiliki 11 HCP (2 Ace = 8, 1 Queen=2 dan 1 Jack=1), Timur 6 HCP (Q=2 dan Ace=4), Selatan 13 HCP (Ace=4, 2 King = 6,1 Queen = 2 dan 1 Jack = 1) terakhir Barat 11 HCP (2 King = 6, 1 Queen = 2 dan 2 Jack=2).

Jalannya penawaran akan tercatat sebagai berikut:

Penawaran akan dimulai oleh utara yang membagi kartu dan pemain utara disebut dealer untuk papan pertama. Selanjutnya dealer digilir secara bergantian searah jarum jam.

Karena yang memilih total HCP tertinggi adalah pasangan utara selatan dengan 10+13 atau 23 HCP dan selatan yang memiliki HCP tertinggi maka Selatan akan menjadi declarer dan Utara menjadi dummy.

Menentukan Trump

Ada lima macam permainan, empat macam bermain dengan trump dan satu macam lagi bermain tanpa trump.

Tanpa Trump = NT
Spades Trump = [
Heart Trump = ]
Diamond Trump = {
Club Trump = }

Untuk bermain trump dibutuhkan jumlah yang cukup yaitu minimal ada 8 lembar warna tersebut yang terbagi antara declarer dan dummy. Jika tidak ada warna dengan jumlah 8 lembar maka permainan ditentukan tanpa trump atau NT.
Kembali ke papan contoh, penawaran akan berlanjut dimana dummy menuliskan distribusi kartu yang dipegangnya agar declarer bisa menentukan macam permainan.

Karena ada 9 kartu Spade dikedua tangan atau lebih dari delapan kartu maka declarer akan menentukan kontrak dengan trump Spade. Selanjutnya tugas declarer adalah menentukan jumlah trik yang akan dicapai. Ada dua jenis kontrak yang bisa dipilih, yaitu bukan game atau game. Trik yang diperlukan untuk kontrak bukan game minimal 7 sedangkan untuk game tergantung macam permainan. Kontrak game di NT butuh 9 trik sedangkan kontrak [/] butuh 10 trik dan kontrak }/{ butuh 11 trik.

Untuk menentukan permainan game atau tidak game akan sangat tergantung pada jumlah HCP atau distribusi yang dimiliki. Biasanya untuk permainan game dibutuhkan 25 HCP minimal.
Pada papan contoh penawaran akan dilanjutkan oleh declarer dengan menentukan macam permainan. Pada papan ini dengan hanya memiliki 24 HCP dan ada 9 kartu Spade maka declarer akan menentukan kontrak Spade bukan game dengan menulis 1[.
Selanjutnya permainan dilanjutkan dengan pemain timur yang harus mengeluarkan kartu pertama (lead). Tugas declarer selanjutnya adalah mengolah permainan sehingga bisa mendapatkan jumlah 7 trik.

Timur lead ]K. Declarer sebelum bermain akan menghitung jumlah trik yang akan didapatnya atau bisa juga menghitung jumlah trik yang bakal kalah. Biasanya declarer pada permainan trump akan lebih mudah menghitung jumlah trik yang kalah sedangkan pada permainan NT menghitung jumlah trik yang bakal menang. Pada papan ini di trump Spade bisa kalah 1 trik kalau [K ada di Barat tapi sebaliknya tidak adak trik kalah kalau [K ada di Timur karena bisa dipotong. Di Heart akan kalah 2 trik karena hanya Ace kartu tinggi. Di Diamond akan tergantung cara declarer menenentukan posisi {Q. Di Club hanya kalah satu trik }A.

Sesuai yang telah dijelaskan diawal mengenai urutan kartu maka untuk menang trik ini, declarer harus main Ace. Selanjutnya declarer main [J untuk potong [K tapi tidak berhasil. Barat menang [K kemudian ]Q ambil dan ]J dan menyerahkan Spade kepada declarer. Declarer menang [9 kemudian main Club yang dimenangkan Timur dengan }A. Timur menang }A serang } lagi. Declarer menang }K sekarang ia harus memainkan kombinasi Diamond. Bagaimana caranya menentukan lokasi {Q?

Disini dibutuhkan ilmu matematika dengan menghitung jumlah HCP yang sudah dimainkan kemudian menganalisa data yang ada dilanjutkan mengambil keputusan dari data yang ada. Menurut jalannya penawaran Barat pegang 10 HCP sedangkan ia sudah mengeluarkan [K, ]KQJ jadi sudah 9 HCP sedangkan Timur pegang 6 HCP tapi baru keluar }A atau 4 HCP. Berdasarkan perhitungan di atas maka {Q harus dipegang oleh Timur karena kalau dipegang Barat berarti ia memiliki 11 HCP. Kalau di Timur pasti benar karena }A=4 dan {Q=2 berarti total 6 HCP.

Perhitungan skor

Declarer mendapat trik yang cukup. Misalnya declarer menentukan kontrak bukan game dan beroleh 7 trik.
Setiap kontrak yang berhasil dipenuhi declarer akan mendapat premi 50 angka.

Setiap trik menang mendapat :
NT = 30 + 10 untuk trik pertama
[ = 30
] = 30
{ = 20
} = 20

Premi game 300 angka
Declarer yang tidak mendapat trik cukup setiap down trik 50 angka untuk defender.