Selamat Datang di Maenkartu.com

MAENKARTU.COM Merupakan portal informasi dari permainan kartu poker,capsa, domino, bridge. Berisikan Tips-tips dan berita seputaran permainan kartu

Untuk menggunakan informasi yang ada pada maenkartu.com anda setuju bahwa segala tanggung jawab yang diakibatkan oleh pengaplikasian informasi yang ada merupakan tanggung jawab anda.

Cara Bermain Capsa Banting :

Di awal permainan, setiap pemain mendapatkan 13 kartu. Pemain yang berhak untuk jalan pertama kali adalah pemain yang memiliki kartu terkecil yaitu 3. Kartu 3 ini harus dikeluarkan di awal permainan, boleh satuan ataupun kombinasi. Permainan berlanjut searah jarum jam.

Bila salah seorang pemain mengeluarkan kartu satuan, maka pemain berikutnya juga harus melawannya dengan satuan yang lebih tinggi. Misalnya 3 dilawan dengan A. Satuan harus dilawan satuan. Pair harus dilawan pair. 3 of a Kind (Threes) harus dilawan 3 of a Kind (Threes). Dan Kombinasi 5 kartu harus dilawan dengan kombinasi 5 kartu. Bila pemain tersebut tidak punya kartu yang bisa melawannya, atau tidak ingin mengeluarkan kartu bisa melakukan “Pass”. Setelah pass, pemain tersebut tidak boleh mengeluarkan kartu lagi sampai trik baru dimulai (mulai lagi dari awal).

Ketika salah seorang pemain berhasil terus mengeluarkan kartu sampai tidak ada pemain lagi yang bisa melawan, dia berhak memulai trik baru. Trik baru tidak harus sama dengan trik sebelumnya. Jadi misalnya sebelumnya mengeluarkan satuan, di trik baru bisa mengeluarkan kombinasi 5 kartu atau pair. Permainan umumnya selesai jika salah seorang pemain sudah menghabiskan kartunya.
Permainan Capsa Banting dinyatakan menang dari kartu lainnya jika:

Angkanya lebih tinggi dari kartu lawan.
Kartu yang paling rendah adalah angka 3. Sedangkan kartu yang paling tinggi adalah angka 2.

Kembangnya lebih tinggi dari kartu lawan
Kembang yang paling tinggi adalah sekop (), diikuti hati (), keriting (), dan yang terakhir wajik ().
Urutan Kartu :

Satuan
Kartu dikeluarkan sendirian. Tanpa kartu lain. Misalnya mengeluarkan 3, atau K

Pair (Pasangan)
Kartu dikeluarkan sepasang sekaligus. Syarat mengeluarkan pair adalah kedua kartu harus memiliki angka yang sama. Misalnya 3 & 3. Pair yang paling rendah adalah pair 3. Sedangkan pair yang paling tinggi adalah pair 2. Jika pairnya sama, maka pair yang memiliki kembang paling tinggi yang menang.

3 of a Kind (Threes)
Kartu dikeluarkan tiga sekaligus. Syaratnya adalah ketiga kartu harus memiliki angka yang sama. Misalnya 3, 3, dan 3. Threes yang paling rendah adalah threes 3, dan threes yang paling tinggi adalah threes 2.

Straight (Seri Berurutan)
Merupakan kombinasi dengan angka yang berurutan. Misalnya 3-4-5-6-7, atau 9-10-J-Q-K. Untuk menentukan straight mana yang lebih tinggi biasanya yang dipilih adalah kartu terakhir di dalam straight tersebut. Misalnya 3-4-5-6-7 lebih rendah daripada 9-10-J-Q-K. Karena kartu terakhir dari straight 3-4-5-6-7 adalah 7, sedangkan kartu terakhir straight 9-10-J-Q-K adalah K.
Jika Kombinasi urutan angka sama, maka untuk menentukan straight yang menang dengan melihat kembang pada kartu terakhir, contoh : 7-8-9-10-J dengan 7-8-9-10-J, maka Straight yang menang adalah 7-8-9-10-J karena kartu terakhir Straight adalah J sekop ()

Flush
Merupakan kombinasi dengan kembang yang sama. Nama flush ditentukan dari kembangnya. Flush yang memiliki angka tertinggi menang dari lawannya. Jika angka tertingginya sama, baru dilihat dari kembangnya.
Misalnya 3-4-8-J-A lebih tinggi dari 5-9-10-Q-K.
Jika terdapat kombinasi kembang yang sama maka akan dibandingkan dari angka kartu terakhir(tertinggi) dimana kartu ber-angka 2 adalah kartu paling tinggi.

Full House
Merupakan kombinasi antara pair dan 3 of a kind (threes). Kombinasi Fullhouse ditentukan dari 3 of a kind threesnya. Misalnya Fullhouse Queen adalah 8-8-Q-Q-Q. Untuk menentukan Fullhouse mana yang lebih tinggi dilihat dari threesnya. Misalnya kombinasi threes 2 & pair 5 akan menang melawan threes King & pair Ace. Walaupun pair Ace lebih tinggi dari pair 5.

4 of a Kind (Piting)
Merupakan kombinasi empat kartu yang berangka sama dengan dilengkapi dengan 1 kartu bebas. Di dalam kombinasi ini yang berperan penting adalah 4 kartu yang mempunyai angka yang sama, sedangkan 1 kartu berikutnya hanyalah sebagai pelengkap saja.
Apabila Kombinasi 4 of a Kind(Piting) melawan kombinasi 4 of a Kind (Piting), maka yang dibandingkan adalah angka tertinggi yang terdapat pada 4 kartu.
Kombinasi 4 of a Kind (Piting) ini memiliki efek “BOMB” yang dapat digunakan untuk melawan Satuan kartu 2, sehingga pemain yang mengeluarkan kartu 4 of a Kind (Piting) secara otomatis akan memenangkan permainan, sedangkan pemain yang dibomb (yang memiliki kartu 2) kalah.

Straight Flush
Merupakan kombinasi 5 kartu berurutan. Tapi kembangnya juga sama. Misalnya 5-6-7-8-9. Untuk menentukan mana seri kembang yang lebih tinggi lihat dulu angkanya. Baru kemudian lihat kembangnya. Seri kembang tertinggi adalah 10-J-Q-K-A atau disebut juga royal straight flush.
Perhitungan Kartu

Perhitungan total kemenangan anda berdasarkan sisa kartu lawan.
—> Sisa kartu lawan X coin X 1.
Setiap “kartu 2″ akan dihitung 10 point, maka jika di dalam sisa kartu pemain yang kalah terdapat “kartu 2″ penghitungan akan menjadi ( kartu biasa selain “kartu 2″x 1)+( Jumlah “kartu 2″ x 10).

Contoh stakes 100 coin :
PLAYER A : MENANG
PLAYER B : 3 4 6 -> 3 x 100 x 1 = 300 (Sisa 3 Kartu )
PLAYER C : 3 4 4 5 5 7 8 10 J 2 -> (9 + ( (2)1 x 10 )) x 100 x 1 = 1900 (Sisa 10 Kartu)
PLAYER D : 8 10 2 2 -> (2 + ((2, 2)2 x 10)) x 100 x 1 = 2200 (Sisa 4 Kartu)
Ket : Biaya kamar adalah 3% dari total coin kemenangan Pemain yang menang.
Jackpot (BONUS)

Jackpot(Bonus) diberikan kepada pemain yang berhasil mengeluarkan kartu kombinasi 5 kartu.
Perhitungan Jackpot (BONUS) dari Jumlah nilai jackpot pada ruangan tersebut Persentase Jackpot (BONUS) yang diberikan:
Royal Flush 80%
Straight Flush 60%
Four of a Kind 40%
Full House 4%
Cara Bermain Capsa Susun :

Dalam capsa susun, kartu yang berangka 2 adalah kartu yang paling rendah sedangkan As adalah kartu yang paling tinggi. Permainan capsa susun, terdiri dari 3 susunan baris, Susunan kartu paling bawah harus lebih besar dari susunan kartu tengah, dan susunan kartu tengah harus lebih besar daripada susunan kartu paling atas. Susunan kartu dalam permainan capsa susun dimulai dari yang tertinggi yaitu :
Royal straight Flush
Kombinasi susunan 5 kartu tertinggi dengan angka yang berurutan dimulai dari angka 10 dan juga kembang yang sama, contoh 10 -J-Q-K-A
Straight Flush
Merupakan kombinasi 5 kartu berurutan serta kembangnya juga sama,tetapi tidak ditentukan dimulai dari angka berapa. Misalnya 5-6-7-8-9. Untuk menentukan mana seri yang lebih tinggi lihat dulu angkan tertingginya, baru kemudian lihat kembangnya.
Four of a Kind (Piting)
Kombinasi empat kartu yang berangka sama dengan dilengkapi dengan 1 kartu bebas. Di dalam kombinasi ini yang berperan penting adalah 4 kartu yang mempunyai angka yang sama, sedangkan 1 kartu berikutnya hanyalah sebagai pelengkap saja.
Apabila Kombinasi 4 of a Kind(Piting) melawan kombinasi 4 of a Kind (Piting), maka yang dibandingkan adalah angka tertinggi yang terdapat pada 4 kartu.
Full House
Merupakan kombinasi antara pair dan 3 of a kind (threes). Kombinasi Fullhouse ditentukan dari 3 of a kind threesnya. Misalnya Fullhouse Queen adalah 8-8-Q-Q-Q. Untuk menentukan Fullhouse mana yang lebih tinggi dilihat dari Three of a Kind. Misalnya kombinasi threes King & pair 5 akan menang melawan threes 9 & pair Ace. Walaupun pair Ace lebih tinggi dari pair 5.
Flush
Merupakan kombinasi 5 kartu dengan kembang yang sama, dibandingkan dari kembang, dimana sekop merupakan kembang paling tinggi, dan wajik merupakan kembang paling rendah.
Jika terdapat kombinasi kembang yang sama, maka akan dibandingkan dari angka kartu terakhir(tertinggi) dimana kartu As adalah kartu paling tinggi.
Misalnya 3-4-8-J-A lebih tinggi dari 5-9-10-Q-K.
Straight (Seri Berurutan)
Merupakan kombinasi 5 kartu dengan angka yang berurutan. Misalnya 3-4-5-6-7, atau 9-10-J-Q-K. Untuk menentukan straight mana yang lebih tinggi biasanya yang dipilih adalah kartu terakhir di dalam straight tersebut. Misalnya 3-4-5-6-7 lebih rendah daripada 9-10-J-Q-K. Karena kartu terakhir dari straight 3-4-5-6-7 adalah 7, sedangkan kartu terakhir straight 9-10-J-Q-K adalah K.
Jika Kombinasi urutan angka sama, maka untuk menentukan straight yang menang dengan melihat kembang pada kartu terakhir, contoh : 7-8-9-10-J dengan 7-8-9-10-J, maka Straight yang menang adalah 7-8-9-10-J karena kartu terakhir Straight adalah J sekop ()
Three of a Kind
Kombinasi 3 kartu yang memiliki angka yang sama, jika diletakkan pada susunan paling bawah dan tengah, harus ditemani oleh 2 kartu acak . Contoh: 3, 3, dan 3.
Double Pair
Susunan dua pasang kartu pair, dengan ditemani oleh 1 kartu acak. Jika ditemukan kedua player yang memiliki double pair di susunan kartu yang sama, maka yang dilihat adalah pair yang paling besar dan kemudian kembangnya.
Contoh: Player A memiliki kartu Jack-Jack-7-7-5; sedangkan player B memiliki kartu 10-10- 9 – 9 – As; maka yang menang adalah player A karena pair terbesar masing-masing player dimenangkan oleh player A dengan pair Jack. Namun jika ditemukan double-pair yang seimbang, maka yang dilihat adalah kembangnya.
Pair
Sepasang kartu dengan angka yang sama; di mana “pair 2″ merupakan pair paling rendah dan “pair As” merupakan pair paling tinggi. Jika player hendak membuat susunan kartu pair di susunan kartu bawah atau tengah, maka pair tersebut ditemani oleh 3 kartu acak lain. Namun jika pair tersebut berada di susunan kartu atas, maka pair tersebut akan ditemani oleh 1 kartu acak. Jika ditemukan pair yang seimbang ( misalnya di susunan paling atas ), maka yang dilihat adalah kembang pair tersebut. Misalkan : Susunan kartu teratas untuk Player A memiliki pair King ( King dan King ), sedangkan Player B memiliki pair King juga ( King dan King ) , maka pemenangnya adalah player A, karena memiliki pair King yang kembangnya sekop .
Perhitungan Kartu :

Perhitungan kartu dilakukan saat waktu yang diberikan habis
Perhitungan dilakukan antar player (head to head) dari susunan kartu yang paling bawah lalu lanjut ke susunan kartu tengah, dan yang terakhir susunan kartu paling atas
Setiap susunan yang menang akan mendapatkan 1 point. Namun berbeda untuk perhitungan “barang”.
Jenis-jenis hitungan “barang”:
Threes atas akan mendapatkan 5 point.
Full house di susunan tengah akan mendapatkan 3 point.
Four of a kind di susunan bawah akan mendapatkan 7 point.
Four of a kind di susunan tengah akan mendapatkan 14 point.
Straight flush di susunan bawah akan mendapatkan 9 point.
Straight flush di susunan tengah akan mendapatkan 18 point.
Royal flush di susunan bawah akan mendapatkan point 11.
Royal flush di susunan tengah akan mendapatkan 22 point.
“Dragon” maka pemenang akan mendapatkan 208 point.
Tembus adalah situasi dimana 1 player menang head to head dari player lain nya di setiap susunan bawah, tengah, maupun atas. Maka point pemenang akan di X2 + bonus “barang”.
Tembus keliling (Super) adalah situasi dimana 1 player menang Head to head dari semua player lainnya, baik dari susunan bawah, tengah, maupun atas. Maka point pemenang akan di X4 + bonus “barang”.
NB : SUPER TIDAK BERLAKU JIKA DI GAME DI MAINKAN BER-3.
PAO yang berarti player salah dalam meletakan susunan kartu. Maka player yang terkana pao akan di anggap kalah tembus keliling dan perhitungan kartu akan menjadi ((3×4)+bonus “Barang” yang di miliki player lain nya).
Biaya kamar adalah 3% dari total kemenangan winner.